Laman

Loading...

Jumat, 24 Juni 2011

Tips dan Trik Membuat Cetakan Fiberglass

Kaca serat (Bahasa Inggris: fiberglass) atau sering diterjemahkan menjadi serat gelas adalah kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis dengan garis tengah sekitar 0,005 mm – 0,01 mm. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, yang kemudian diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi untuk digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik; material komposit yang dihasilkan dikenal sebagai plastik diperkuat-gelas (glass-reinforced plastic, GRP) atau epoxy diperkuat glass-fiber (GRE), disebut “fiberglass” dalam penggunaan umumnya.
Pembuat gelas dalam sejarahnya telah mencoba banyak eksperimen dengan gelas giber, tetapi produksi masal dari fiberglass hanya dimungkinkan setelah majunya mesin. Pada 1893, Edward Drummond Libbey memajang sebuah pakaian di World Columbian Exposition menggunakan glass fiber dengan diameter dan tekstur fiber sutra. Yang sekarang ini dikenal sebagai “fiberglass”, diciptakan pada 1938 oleh Russell Games Slayter dari Owens-Corning sebagai sebuah material yang digunakan sebagai insulasi. Dia dipasarkan dibawah merk dagang Fiberglas (sic), lihat juga merk dagang yang menjadi generik.
Siapa pengen punya motor impian dengan desain body sesuai idaman kita? Atau pengen mewujudkan ide-ide liar bentuk body motor? Bisa aja semua itu diwujudkan… Bikin aja body motor hand made berbahan fiberglass.
Sebelum liburan emang udah kurencanain libur 2 bulan lebih itu bakal kuiisi buat modif motor, salah satu rentetan modif itu ya coba-coba bikin body dari fiberglass. Sebelum liburpun aku udah mencari-cari referensi dari berbagai sumber baik dari tumpukan ratusan edisi tabloid koleksiku, antara lain Motor Plus, Ototren, Otoplus, maupun dari ubek-ubek internet. Mulai dari cari tau bahan-bahannya, cara mengaplikasikannya, gimana bikin cetakannya, sampai dimana tempat beli bahan-bahannya di sekitar daerahku.
Belanja ini itu ternyata cuma abis dikit sekitar 100 ribuan. Buat bahan-bahan yang aku pake yaitu:
1. Resin. Ini buat bahan utamanya, ibarat bikin beton resin itu kayak semennya. Berbentuk cair warna merah.
2. Mat. Kalo yang ini yang bentuknya serat-serat putih itu loh…
3. Katalis. Ini bahan campuran resin yang berfungsi memperkeras resin.
4. Talk. Tugasnya ngebikin hasil akhir lebih keras dan kaku.

Langkah pertama adalah nentuin apa yang mau kita bikin dengan fiberglass. Ya iyalah harus tau kita mau bikin apa! Maksudnya kita bikin dulu cetakan body yang bakal kita bikin. Sebelum bikin cetakan, harus udah ditentuin model yang kita mau. Model itu bias dari kreasi sendiri atau niru model motor yang udah ada. Kalo mau lebih sip dari model yang kita mau bisa dibikin dulu model 3D-nya pake software macam Lightwave atau 3Dsmax trus diolah biar bisa di-print out hasilnya jadi bikin cetakan tinggal dibikin dari kertas yang udah dibikin dari model 3D tadi.
Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutupin bagian motor yang sekiranya bakal ketetsan resin pake kertas bekas. Bahaya nih kalo sampe nempel ke bagian motor lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman…
Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain kayak kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan kalo perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan itu. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk trus ditambahin lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan kebanyakan katalis karena bisa kecepetan kerasny tuh adonan. Aduk lagi deh ampe rata.

Mari membuat lapisan pertama. Pastikan permukaan bersih. Kalo perlu bisa ditambahin/dilapisin Mirror Glaze Mold Release biar ntar gampang dilepasnya tuh cetakan. Tapi kalo gak pun its okay…
Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kamu punya waktu kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi nyante ajayang penting rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarin dulu 10 menit sampe agak kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian. Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1 lapisan ini agak kering.
Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin + katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya bakal terlalu berat. Lagian Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam “pondasi”. Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup dilapis batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis.
Langsung aja lapisan kedua dibikin. Tampelin mat merata ke semua sisi. Olesin lagi pake adonan resin+katalis sampe merata. Kita bisa bikin sampai kira-kira 3 lapis mat. Gak terlalu tebal tapi udah cukup kuat. Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahin dari cetakan deh. Gimana hasilnya?
cra 1 lagi gan..
Cara ngebuat Fiberglass dan formulanya
Selama ini, gw cuma bisa menikmati barang-barang dari Fiberglass tapi ga pernah tau cara buatnya. Nah, setelah ubek-ubek dan surfing banyak banget dari beberapa forum dalam dan luar, gw kumpulin aja jadi satu seluruh formula-nya. Semoga membantu…
Tapi jangan nanya gw yak soal prakteknya… Soalnya gw juga lagi nyoba-nyoba sendiri nih. Ntar kalo ada informasi lagi, gw update pastinya.
For foreign, if you want to ask about these tutorial, i will translate it to english for you….
Bahan :
Resin (bahan dasar)
Katalis (pengeras…)
Matt (Serat kaca)
Gel (pembatas cetakan)
Talc (agar campurn resin menjadi kental seperti plastic)
Silicon RVT (buat cetakan duplikasi)
Carbon Cloth / Fiberglass Cloth
Mirror Glazer (agar resin tidak menempel) atau Vaselin (non cosmetic)
Meguair (ga tau gunanya)
Ada beberapa cara :
1. Resin + Katalis = mudah pecah
2. Fiberglass Cloth + Resin + Katalis
3. Resin + talk + Katalis = Kuat
Perbandingan campuran.
Resin : Katalis = 1 liter : 10cc (0,01 L)
Cara buat cetakan
Fiber.
Kekurangan : sulit membentuk sudut2 tajam.
Kelebihan : murah dan mudah
Saran : Ini untuk membuat beberapa hasil jadi yang disambung menggunakan mur dan baut (atau per pieces)
Rubber
Kekurangan : Harga mahal, mudah sobek
Kelebihan : mudah membentuk sudut2 tajam
Karton / Kardus
Kekurangan : Tidak kaku alias mudah mleot.
Kelebihan : sangat mudah dibuat, sangat murah, trus dapat menggunakan kawat nyamuk serta dempul.
Tanah Liat
Option terakhir karena sulit mencarinya, tapi jauh lebih mudah ngebentuknya.
Untuk membuat sebuah master, membuatnya dapat dengan bahan-bahan tersebut di atas. Jika memiliki produk jadi dan ingin dibuat master, produk jadi tersebut di tutup menggunakan stiker atau selotape kertas yang lalu di lapisi dengan Mirror Glaze agar bahan fiber dalam bentuk resin tidak menempel.
Sumber:http://www.windowscraze.com/forum/Belajar-buat-fiber-yok….

9 komentar:

  1. gan. saya ga ngerti tentang print out Lightwave atau 3Dsmax gimana caranya supaya menjadi bentuk 3D . apakah yang dimaksud itu print outnya di kertas biasa dengan gambar 2D untuk dipotong sudut2 tertentu hingga membentuk seperti pola lalu diLem hingga membentuk lengkuk2 3Dimensi?

    kalo tidak keberatan , boleh email saya ke xatureload@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. klau gambar 3D dijadikan relief itu menggunakan alat CNC ROUTER,...

      Hapus
  2. makasih banget , ijin bookmark gan.
    mau coba 2 di praktekan ,

    kunjungi blog ane ya
    artconceptphotography.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Makasih Atas Infox gan :) Insya Allah membantu :)

    BalasHapus
  4. Pak, mau tanya bagaimana caranya membuat fiberglas dengan motif kayu jati? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ingin motif seperti kayu jati, apa melapisi kayu jati dengan fiber?...

      Hapus
  5. Silahkan bljr n order apapun dr fiberglas blh jg kog.drmh ane .sukoharjo, solo..ane usah fiber dah dr thn 2006 sampe skrg..monggo dibuka pintu lebar2..081804447748..eko beebek

    BalasHapus